BMKG, sebelum dan saat ini



(sumber : www.bmkg.go.id)

Hello fellas moderato,,,✋
Kali ini, sembari mengisi waktu luang, saya akan membahas tentang BMKG. Karena saya sendiri kerja di BMKG, tidak ada salahnya membahas tentang instansi pemerintahan yang memiliki ratusan UPT di seluruh Indonesia (semoga dilirik pejabatnya..:D). BMKG sendiri adalah Lembaga Pemerintahan Non Departemen, yang berarti bahwa kebijakan dan informasi yang dikeluarkan bertanggung jawab langsung ke Presiden.


Saat ini, BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sudah bisa mengambil tempat dalam penyusunan rencana di berbagai sektor masyarakat. Berbagai rencana pemerintahan, baik yang dari pusat maupun yang dari daerah, selalu memasukkan pendapat dari BMKG dalam penyusunannya. 

Selain dari penyusunan rencana, beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh BMKG banyak diikuti oleh berbagai stakeholder dan lapisan masyarakat. Ini membuktikan bahwa peran informasi cuaca, iklim dan gempa yang dikeluarkan BMKG sangat penting dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap masyarakat luas.

Berdasarkan laman resmi BMKG,  badan ini berdiri tahun 1866 dengan nama Magnetisch en Meteorologisch Observatorium atau Observatorium Magnetik dan Meterologi yang dipimpin oleh Dr. Bergsma. Namun, untuk pengamatan meteorologi dan geofisika sudahh dilakukan lebih dulu secara perorangan, tepatnya tahun 1841 oleh Dr. Onnen yang merupakan Kepala Rumah Sakit di Bogor. Kemudian karena kebutuhan informasi meteorologi dan geofisika yang sangat besar kegiatan pengamatan perorangan diresmikan oleh Pemerintah Hindia Belanda menjadi instansi pemerintah.

Di awal masa perintisan lembaga ini, berbagai pengembangan dan perluasan pengamatan terus dilakukan. Mulai dari dibangun jaringan penakar hujan, pelaksanaan pengamatan gempa bumi, pemasangan seismograf, serta reorganisasi pengamatan meteorologi. Hingga akhirnya jasa meteorologi mulai digunakan di tahun 1930 untuk penerangan.

Lembaga ini terus ada hingga masa pendudukan Jepang antara tahun 1942 sampai 1945 dengan berubah nama menjadi Kisho Kauso Kusho. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, lembaga ini kembali ke Indonesia dan dipecah menjadi dua, yaitu Biro Meteorologi yang berlokasi di Yogyakarta dan Jawatan Meteorologi dan Geofisika di Jakarta.

Biro Meteorologi berada di lingkungan Markas Tertinggi Tentara Rakyat Indonesia dan khusus melayani kepentingan Angkatan Udara. Dan untuk Jawatan Meteorologi dan Geofisika berlokasi di Jakarta dan berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Tenaga. 

Lembaga ini kemudian diambil oleh Pemerintah Belanda, tepatnya tanggal 21 Juli 1947, dan namanya diganti menjadi Meteorologisch en Geofisiche Dienst. Terus berada di bawah Pemerintah Belanda, akhirnya tahun 1949 kembali ke Indonesia setelah penyerahan kedaulatan Indonesia dari Belanda. Meteorologisch en Geofische Dienst dirubah namanya menjadi Jawatan Meteorologi dan Geofisika dibawah Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum. 

Dengan adanya Jawatan Meteorologi dan Geofisika, Indonesia secara resmi menjadi anggota dari Organisasi Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization (WMO) tahun 1950. Dan secara otomatis kepala Jawatan Meteorologi dan Geofisika menjadi Pemanent Representative of Indonesia with WMO.

Jawatan ini banyak mengalami perubahan nama seiring waktu, dimulai tahun 1955 namanya berubah menjadi Lembaga Meteorologi dan Geofisika di bawah Departemen Perhubungan. Lima tahun kemudian, tahun 1960 namanya dikembalikan menjadi Jawatan Meteorologi dan Geofisika di bawah Departemen Perhubungan Udara. 

Kemudian tahun 1965 namanya kembali berubah menjadi Direktorat Meteorologi dan Geofisika dengan tetap berada di bawah Departemen Perhubungan Udara. Tahun 1972, kembali berubah nama menjadi Pusat Meteorologi dan Geofisika dengan status instansi setingkat eselon II dan berada di bawah Departemen Perhubungan. Tahun 1980, status intansi dinaikkan menjadi intansi setingkat eselon I dengan nama Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) dengan kedudukan tetap di bawah Departemen Perhubungan.

Setelah era reformasi tepatnya tahun 2002, sesuai Keputusan Presiden R! Nomor 46 dan 48 tahun 2002, struktur organisasi BMG diubah menjadi Lembaga Pemerintahan Non Departemen (LPND) dengan nama tetap. Dan melalui Perpres Nomor 61 Tahun 2008, BMG berganti nama menjadi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan status tetap LPND yang bertanggung jawab kepada Presiden dan dikoordinasi oleh Menteri Perhubungan. 

Untuk mendukung pelaksanaan tugasnya, BMKG membentuk Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BBMKG yang bertanggung jawab dalam penyebaran dan pembuatan informasi MKG untuk beberapa wilayah Provinsi serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh Indonesia. BBMKG berada di lima kota, yakni Medan, Tangerang Selatan, Denpasar, Makassar dan Jayapura. Sedangkan UPT BMKG berjumlah 183 UPT yang dapat di lihat di sini.

Dalam tugasnya, BMKG mempunyai tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika sesuai undang-undang. Untuk melaksanakan tugasnya tersebut, BMKG melakukan perumusan kebijakan, pelayanan dan penyampaian data dan informasi MKG, pelaksanaan kerjasama baik nasional maupun internasional, dan lainnya. 

BMKG banyak melakukan kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, salah satunya yang cukup dikenal adalah Sekolah Lapang. Sekolah Lapang, baik Sekolah Lapang Iklim, Sekolah Lapang Geofisika, dan lainnya, bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya pemahaman tentang cuaca dan iklim serta gempa dan pengaruhnya terhadap sektor kehidupan masyarakat.

BMKG banyak sekali mengalami perubahan nama dan melewati masa-masa yang besar dalam sejarah berdirinya. Mulai dari masa pendudukan Jepang dan Belanda, Proklamasi Kemerdekaan, Perebutan Kembali Kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru hingga Reformasi. Banyak cerita yang mengiringi berdirinya badan ini, dan sangat bangga bisa masuk di badan yang mempunyai sejarah besar ini (hmm... mencurigakan).

Cukup sampai disini cerita sejarah tentang BMKG. Mungkin kalau ada yang berminat kerja disini, bisa mulai cari infonya sendiri. Atau minat tentang informasi yang diberikan bisa langsung berkunjung kesini. Terima kasih dan salam fellas moderato...









Komentar

Posting Komentar